Pengertian Dasar Organisasi


Zaman sekarang banyak munculnya organisasi-organisasi baik berlabel kemasyarakatan/sosial, politik, olahraga dll. Hal itu tidak lepas dari ikatan antar dua orang atau lebih untuk menciptkan hal yang menurutnya benar dan mecapai tujuan tertentu. Tetapi tahukah anda mengenai istilah atau pengertian dari Organisasi. Organisasi didefinisikan sebagai sekelompok orang yang bekerja sama dan berkoordinasi untuk mencapai tujuan tertentu. Sebagai contoh, Anda membentuk sebuah panitia lomba kemerdekaan indonesia. Anda mengumpulkan temen-temen anda. Anda bertugas sebagai koordinator panitia tersebut, kemudian anda membagi tugas ke setiap anggota-anggota panitia. Ada yang mengumpulkan dana, menghubungi pengisi acara, menyusun acara dsb.



Organisasi ada yang bersifat bisnis/profit (mencari keuntungan) seperti perusahaan-perusahaan. Ada yang bersifat kegiatan sosial, seperti perkumpulan ariasan, kepengurusan RT (rumah tangga) atau RW (rumah warga), bahkan ada organisasi yang mengoordinasi antar negara-negara di dunia, sepeti PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Tetapi semua organisasi memiliki  hal yang sama yaitu untuk mencapai tujuan nya.
Manfaat organisasi :
1. Organisasi melayani masyarakat
Organisasi yang membuat kehidupan menjadi lebih baik. Seperti perusahaan transportasi yang menyediakan alat transportasi untuk memudahkan perjalanan yang dekat maupun jauh.

2. Organisasi mencapai tujuan 
Organisasi memudahkan kita untuk mencapai tujuan secara bersama-sama dibandingkan sendirian.

3. Organisasi memberi karier
Organisasi yang sudah mapan, organisasi tersebut bisa melayani anggotanya. Orang yang membutuhkan pekerjaan maka organisasi dapat menerimanya dengan memberikan penghasilan tetap kepada pekerja.

4. Organisasi memelihara ilmu pengetahuan
Organisasi seperti universitas, museum, bahkan perusahaan memelihara ilmu pengetahuan yang sudah pernah ada. Hal ini membedakan manusia dengan binatang. Binatang yang tidak memiliki akal maka tidak akan memiliki ilmu yang seperti dimiliki manusia. Maka dari itu manusia dari zaman nya yunani kuno hingga sekarang manusia tetap memelihara dan menjaga ilmu pengetahuan yang ada sejak dulu. Bila anda tidak mengerti matematika maka anda tidak bisa memecahkan sendiri untuk menyelesaikan tugas, tetapi bila anda dengan membaca buku matematika atau bertanya langsung kepada ahlinya maka dengan cepat anda bisa memecahkan masalah dalam pelajaran matematika.

Semua hal diatas adalah cuplikan yang di uraikan secara singkat. Semoga ilmu yang saya bagikan bermanfaat bagi anda yang membaca.

Komentar