Definisi Manajemen Menurut Beberapa Tokoh



Coba saja anda mengikuti suatu organisasi sosial maupun non sosial, pasti anda akan melihat di organisasi tersebut terdapat seorang pemimpin sebagai pimpinan organisasi tersebut, dan terdapat staf maupun anggota-anggota nya. Pasti semua organisasi memiliki orang-orang yang akan mengelola, mengarahkan maupun mengendalikannya supaya organisasi tersebut mencapai target tujuannya. Hal tersebut sudah masuk ke dalam sistem manajemen.

Manajemen secara umum yaitu proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien dengan menggunakan sumber daya organisasi.

Dari beberapa tokoh mendefinisikan Manajemen sebagai berikut :
  1. Manajemen menurut Massie dan Douglas adalah suatu proses saat kelompok orang bekerja sama mengarahkan orang lainnya untuk bekerja mencapai tujuan yang sama.
  2. Menurut Kreitner manajemen adalah suatu proses bekerja sama dengan dan melalui lainnya untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan secara efesien menggunakan sumber daya terbatas di lingkungan yang berubah-ubah.
  3. Menurut Sisk manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian supaya mencapai tujuan tertentu.
  4. Menurut Koont'z dan O'Donnel manajemen adalah menciptakan lingkungan yang efektif agar orang bisa bekerja di organisasi formal.
  5. Menurut Donnely, Gibson, dan Ivancevich manajemen adalah kegiatan yang dilakukan oleh satu atau lebih orang untuk mengoordinasikan kegiatan yang dilakukan oleh orang lainnya dan untuk mencapai tujuan yang tidak bisa dicapai oleh satu orang saja.
  6. Menurut Stoner, Freeman dan Gilbert manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian, aktivitas anggota organisasi, dan kegiatan yang menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan tertentu.
  7. Menurut Jones dan George manajemen adalah perencanaan, pengoraganisasian, pengarahan serta pengendalian sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien.
  8. Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah seni mencapai sesuatu melalui orang lain (The art of getting things done through the others)
Sejak jaman romawi, yunani, china kuno terdahulu sudah mengerti akan adanya manajemen dalam kepemimpinannya. Jadi manajemen sangat penting bagi suatu organisasi supaya bekerja dengan baik.

Komentar