Pengertian Ilmu Ekonomi


Ilmu ekonomi sangatlah penting untuk kehidupan sehari-hari. Sangat mudah terlihat saat jual beli barang atau jasa. Ilmu ekonomi memudahkan kita untuk mengambil keputusan, memanfaatkan sumber daya, dan menganalisa ekonomi.
Asal usul istilah ekonomi (economics) berasal dari bahasa yunani kuno yaitu oikoc (oikos,"rumah tangga) + nomos "kebiasaan" atau "hukum" jika digabungkan dapat diterjemahkan sebagai "aturan/kebiasaan dalam rumah tangga". Selain itu ilmu ekonomi ekonomi didefinisikan seperti :

  1. Ilmu ekonomi adalah studi aktivitas produksi konsumsi dan pertukaran barang.
  2. Ilmu ekonomi adalah ilmu tentang memilih, contoh memilih memanfaatkan sumber daya yang terbatas (pendapatan dan waktu) untuk menghasilkan tingkat kepuasan maksimal.
Sudah banyak sebagian orang mendefinisikan ilmu ekonomi dikaitkan dengan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Hal ini salah kaprah untuk mendefinisikan ilmu ekonomi. Salah satu definisi yang cukup lengkap dijelaskan oleh Paul A. Samuelson, seorang peraih nobel di bidang ekonomi, menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana masyarakat memanfaatkan berbagai sumber daya yang langka untuk menghasilkan komuditas yang bernilai dan mendistribusikan komoditas-komoditas tersebut di antara berbagai kelompok.
Ilmu ekonomi sangatlah bermanfaat bagi konsumen dan produsen. Ilmu ekonomi tidak hanya sampai disitu saja akan tetapi ilmu ekonomi sangatlah luas, dari berbagai aspek. 

Komentar